Translator

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Telusuri dalam blog ini

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله الرحمن الرحيم

Senin, 12 April 2010

Haid , Pengertian Haid Dan Batas Umur Awal Mendapatkan Haid

قال رسول الله صلي الله عليه و سلم : ‏هذا شيء كتبه الله علي بنات أدم‎‎)‎‎ ‎
أخرجه البخاري )‎


Rosululloh SAW bersabda : " (
Haid )
ini adalah suatu hal yang sudah ditetapkan oleh
Allah kepada anak cucunya Nabi Adam " . ( HR :
Bukhori )


1. Pengertian Haid
Haid menurut arti bahasa arab adalah mengalir. Jadi menurut arti ini setiap sesuatu yang mengalir bisa dikatakan haid. Sedangkan menurut istilah syar'i adalah darah yang keluar dari dalam rahimnya wanita dalam keadaan normal yang tidak disebabkan oleh adanya suatu penyakit dengan syarat-syarat tertentu.
2.Awal Usia Wanita
Mendapatkan Haid
Darah haidh ini akan keluar jika seorang wanita itu sudah menginjak usia sekitar sembilan tahun menurut penanggalan kalender qomariah / hijriyah. 1 tahun qomariyah adalah 354 hari ( Qolyubi, juz 1. Hal:98 ). Maksud dari sekitar sembilan tahun itu adalah apabil seorang wanita mengeluarkan darah sebelum genap usia 9 tahun dalam rentang waktu yang tidak cukup untuk memuat minimal haid dan suci yaitu kurang dari 16 hari dengan rincian 1 hari ( 24 jam ) minimal haid dan 15 hari minimal masa suci, maka darah yang keluar pada masa itu di katakan darah haid. Tapi apabila lebih dari 16 hari maka darah yang keluar itu bukan darah haid akan tetapi itu adalah darah kotor atau darah yang di sebabkan adanya suatu penyakit.
Contoh:
Apabila ada seorang wanita menginjak usia 9 tahun pada tanggal 20 muharram dan melihat ( keluar ) darah sebelum tanggal itu, maka perlu di perhatikan :
1 . Ketika darah itu keluar dan masih ada sisa 16 hari lebih untuk mencapai tanggal 20 Muharram maka darah yang keluar itu adalah darah fasad bukan darah haid.
2 . Ketika darah itu keluar kurang dari 16 hari dari tanggal 20 muharram maka darah yang keluar itu di hukumi darah haid dan wanita itu sudah di hukumi balighah.
3 . Ketika darah itu keluar 18 hari sebelum mencapai usia 9 tahun dan keluar terus sampai 5 hari, maka hukumnya sebagai berikut :
a . Darah yang keluar 2 hari pertama adalah darah fasad karena 2 hari yang pertama itu sebelum 16 hari dari tanggal 20 Muharram.
b . Tiga hari yang akhir adalah darah haid karena masih ada sisa kurang dari 16 hari sebelum mencapai usia 9 tahun.


Wallahu A'lam....

ربنا لا تؤاخذنا إن نسينا أو اخطأنا

0 komentar:

Artikel Terkait

Tulisan Terbaru

Pengikut

Powered by FeedBurner

Add to Google Reader or Homepage

  © UntukNaily2 | Template by Ourblogtemplates.com | edited by UntukNaily2

Back to TOP