Translator

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Telusuri dalam blog ini

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله الرحمن الرحيم

Kamis, 29 April 2010

Bab Nifas

Definisi Nifas

Nifas adalah darah yang keluar setelah melahirkan sebelum melewati minimal masa suci. Jika darah itu tidak keluar sebelum minimal masa suci maka wanita itu tidak ada nifasnya dan hanya diwajibkan mandi sebab wiladah / melahirkan. Apabila darah nifas itu tidak langsung keluar setelah wiladah selama belum melewati minimalnya masa suci dari melahirkan maka permulaan nifasnya dimulai dari keluarnya darah dan masa naqo' antara wiladah sampai keluarnya darah nifas tidak termasuk dalam hitungan sebagai nifas akan tetapi tetap masuk dalam hitungan 60 hari maksimalnya masa nifas, dan pada masa naqo' tersebut wanita yang baru melahirkan itu tetap diwajibkan shalat dan puasa. Jika shalat dan puasa ditinggalkan pada masa itu maka wajib diqodlo dan pada masa naqo' itu pula suaminya boleh menggaulinya karena masa itu dianggap sebagai masa suci baginya.


Durasi Nifas

-Minimalnya nifas adalah satu majjah ( istilah yang digunakan untuk waktu yang sebentar seperti lamanya waktu yang digunakan untuk meludah. [sak kecrotan:jawa] ).
-Maksimalnya 60 hari.
-Biasanya sekitar 40 hari.

Lebih jelasnya, nifas ini tidak bisa ditetapkan kecuali dengan empat syarat :
1. Keluarnya darah harus setelah bersihnya kandungan dari melahirkan.
2. Keluarnya darah harus sebelum melewati 15 hari dari melahirkan.
3. Ketika darah nifasnya berhenti keluar, tidak boleh ada jarak lebih dari 15 hari antara darah yang pertama dengan yang kedua. Jika dipisahkan jarak 15 hari lebih maka darah yang pertama adalah darah nifas dan darah yang kedua adalah haid.
4. Keluarnya darah tidak melebihi 60 hari dari melahirkan.

Keluarnya darah nifas yang melebihi 60 hari ini sama hukumnya dengan keluar darah haid yang melebihi 15 hari ( istihadloh ), sehingga perlu diketahui apakah wanita yang nifasnya melebihi 60 hari ini termasuk mubtadiah mumayyizah dalam nifas, atau mu'tadah ghairu mumayyizah atau yang lainnya. Untuk keterangan lengkapnya tentang istihadloh dalam nifas silahkan baca Bab Istihadloh 2


Usia Kandungan

Minimalnya usia kandungan adalah enam bulan lebih sedikit dengan hitungan 30 hari tiap bulannya. Maksimalnya usia kandungan adalah empat tahun. Dan normalnya adalah 9 bulan. Penghitungan ini dimulai dari dimungkinkannya pasang suami istri berkumpul setelah akad nikah.


Khatimatun.. Nas_alu Allaha Husnaha...

Bacaan yang disunahkan ketika istri sakit hendak melahirkan
1. Ayat kursi
2. Ayat wa inna rabbakumullahu.... Dan seterus, akhirnya

الذي ‏خلق السموات والأرض في ستة أيام ثم استوى علي العرش يغشي الليل النهار يطلبه حثيثا . والشمس والقمر والنجوم مسخرات بأمره . ألا له الخلق والأمر تبارك الله رب العالمين.

3. Susah Annas
4. Surah Al falaq
5. Memperbanyak doa karbi, yaitu


" لا اله الا الله العظيم الحليم ، لا اله الا الله رب العرش العظيم ، لا اله الا الله رب السموات و رب الأرض ورب العرش الكريم "

dan doa yunus.
yaitu


" لا اله إلا انت سبحانك إني كنت من الظلمين "


doa yang sebaiknya dibaca wanita hamil

" اللهم احفظ ولدي في بطني و اشفه ‏انت الشافي لا شفاء الا شفاؤك عاجلا لا يغادر سقما و انت خير مسؤل. اللهم صور ما في بطني صورة حسنة جميلة و ثبت قلبه إيمانا بك و برسولك. اللهم اخرجه من بطني وقت ولادته سهلا و تسليما لا معسرا و انفعني به في الدنيا و الأخرة ‏أمين. ‏و تقبل دعائ كما تقبلت دعاء نبيك سيدنا محمد صلى الله عليه و سلم. اللهم احفظ الولد ‏الذي اخرجت من عالم الظلم إلي علم النور و اجعله صحيحا كاملا عاقلا لطيفا حاذقا عالما عاملا مباركا من كلامك الكريم حافظا. اللهم طول عمره و صحح جسده و حسن خلقه و افصح لسانه و احسن صوته لقرأة القرأن و الحديث النبوي بجاه سيدنا محمد صلى الله عليه و سلم. و الحمد لله رب العالمين. "

Untuk bayi yang baru dilahirkan, disunahkan dibacakan adzan ditelinga kanannya dan iqamat di telinga kirinya. Selain itu juga disunahkan dibacakan surah inna anzalna ditelinga kanannya.



Selesai.....


Wallahu A'lam Bi Al_showab.....

ربنا لا تؤاخذنا إن نسينا أو اخطأنا

0 komentar:

Artikel Terkait

Tulisan Terbaru

Pengikut

Powered by FeedBurner

Add to Google Reader or Homepage

  © UntukNaily2 | Template by Ourblogtemplates.com | edited by UntukNaily2

Back to TOP