Translator

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Telusuri dalam blog ini

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله الرحمن الرحيم

Jumat, 28 Mei 2010

Imalah

Pengertian Imalah

Imalah berasal dari kata أمال - يميل - إمالة ( الرمح ) ‏ yang berarti memiringkan atau mencondogkan (tombak). Sedangkan secara istilah adalah mencondongkan bacaan fathah ke arah kasroh, atau mencondongkan alif ke arah ya'.
Dalam istilah ulama' ahli qira'ah imalah ini juga disebut dengan Imalah Kubro. Menurut ahli qira'ah ada juga istilah imalah shugro dan disebut juga dengan Taqlil atau baina baina , hanya saja Taqlil lebih mendekati fathah seperti bunyi re pada kata mereka.

Diantara imam qira'ah yang paling banyak membaca imalah adalah imam Hamzah dan Al Kisa'i baik dalam keadaan washol maupun waqof. Kedua imam ini membaca imalah pada ;
1. setiap huruf alif yang aslinya ya' baik dalam kalimat isim , seperti موسى ، عيسى ، مثواكم ، مأواكم maupun dalam kalimat fi'il , seperti سعى ، رمى ، يخشى .
2. pada kata أنى (Anna) yang bermakna كيفى / متى (yang digunakan untuk istifham).
3. Setiap huruf alif diakhir yang ditulis dengan Ya' , seperti متى ، بلى ، يا أسفى ، يا حسرتى ، عيسى dll , dari setiap alif yang ditulis dengan Ya' dalam mushaf 'utsmani , kecuali beberapa yang dikecualikan yang akan diterangkan nanti.
Berbeda dengan huruf wawu yang ditulis dengan alif , seperti الصفا ، عصا ، دعا ، خلا , maka tidak ada yang membaca imalah pada kalimat-kalimat tersebut karena untuk mengingatkan bahwa huruf yang ditulis dengan alif tersebut aslinya adalah Wawu .

Sedangkan yang dikecualikan adalah حتى ، إلى ، لدى ، على ، زكا . Kelima kalimat-kalimat ini adalah yang dikecualikan dari huruf-huruf yang ditulis dengan Ya'.

Selain imam Hamzah dan Al Kisa'i tidak ada yang membaca dengan imalah kubro kecuali pada beberapa tempat. Kesimpulannya para ulama' ahli qira'ah dalam bab imalah dibagi jadi dua golongan;
1. Yang membaca imalah.
imam-imam yang membaca imalah ini juga dibagi dua lagi ;
A. yang sedikit membaca imalah , yaitu imam Ibnu 'Amir , 'Ashim dan Qolun . Meraka hanya membaca imalah pada tempat-tertentu saja.
B. Yang banyak membaca imalah , yaitu imam Warsy , Hamzah , Al Kitsa'i dan Abu 'Amr . Mereka ini banyak sekali membaca imalah , akan tetapi aslinya imam Hamzah dan Al Kisa'i imalahnya adalah imalah kubro , dan imam Warsy imalah shughro . Sedangkan imam Abu 'Amr diantara keduanya.

2. Yang tidak membaca imalah , yaitu imam Ibnu Katsir.


و الله اعلم

ربنا لا تؤاخذنا إن نسينا أو اخطأنا

0 komentar:

Artikel Terkait

Tulisan Terbaru

Pengikut

Powered by FeedBurner

Add to Google Reader or Homepage

  © UntukNaily2 | Template by Ourblogtemplates.com | edited by UntukNaily2

Back to TOP