Translator

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Telusuri dalam blog ini

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله الرحمن الرحيم

Senin, 10 Mei 2010

Qira'ah - Qira'ahnya Nabi

4 : QIRA'AH-QIRA'AHNYA NABI صلى الله عليه و سلم

Imam Abu 'Abdillah Al Hakim An Naisaburi dalam kitabnya "Al Mustadrak" mengumpulkan hadits-hadits Shahih Bukhari dan Muslim dalam satu bab berisi qira'ah-qira'ahnya Nabi صلى الله عليه و سلم , dalam kitab itu Al Hakim mengeluarkan hadits dari berbagai jalan / rawi.

1. Dari Al A'masy, dari Abi Shalih, dari Abi Hurairah, bahwasanya Nabi membaca
ملك يوم الدين tanpa memaka alif.
Ini adalah qira'ahnya Abi 'Amr, Ibnu 'Amir, Hamzah, Ibnu Katsir dan Nafiq. Sedangkan 'Ashim dan Al Kisa'i membaca dengan alif.

2. Dari Ibrahim bin Sulaiman Al Katib, dari Ibrahim bin Thahman, dari Al 'Ala' bin Abdurrahman, dari ayahnya Al 'Ala' (Abdurrahman) dari Abu Hurairah : bahwasannya Nabi membaca " اهدنا الصراط المستقيم " menggunakan Shad ( ص ).Ini adalah qira'ah jumhur ulama selain Qunbul dan Khalaf. Qunbul membaca الصراط menggunakan Sin , dan Khalaf menggunakan Isymam (mencampur shad dan zay sekira keluar diantaranya huruf yang bukan shad dan bukan zay).

3. Dari Kharijah bin Zaid bin Tsabit dari ayahnya Kharijah (yakni; Zaid bin Tsabit) bahwasannya Nabi membaca " فرهن مقبوضة " ( faruhunun maqbudlotun ) dalam surah Al Baqarah dengan dibaca dlommah pada huruf Ra dan Ha. Ini adalah qira'ahnya imam Ibnu Katsir dan Abi 'Amr, dan yang lainnya membaca " فرهان مقبوضة " dengan Ra dibaca kasrah, Ha dibaca fathah dan menetapkan alif setelah Ha.

4. Dari Kharijah bin Zaid bin Tsabit, bahwasannya Nabi membaca " كيف ننشزها " menggunakan Zay. Ini adalah qira'ahnya Hamzah, Al Kitsa'i, 'Ashim dan Ibnu 'Amir Asy Syami. Sedang yang lainnya membaca " ننشرها " menggunakan Ra sebagai gantinya Zay.

5. Dengan sanad dari Dawud bin Muslim bin 'Abbad Al Makki, dari ayahnya, dari 'Abdillah Ibnu Katsir Al Qari', dari Mujahid, dari Ibnu 'Abas, dari Ubay ; bahwasanya Nabi membaca
" و اتقوا يوما لا تجزى نفس عن نفس شيأ "
menggunakan Ta' Ta'nits.
Dan membaca
" و لا يقبل منها شفاعة و لا يؤخذ منها عدل "
menggunakan Ya'. Qira'ah ini adalah qira'ahnya imam tujuh.

6. Dengan sanad dari Dawud bin Al Hashin dari 'Ikrimah dar Ibnu 'Abbas; bahwasannya Nabi SAW membaca : و ما كان لنبى أن يغل dengan huruf Ya' di fathah (dan huruf Ghain di Dlomah (mabni fa'il) ). Ini adalah qira'ahnya Ibnu Katsir, Abi 'Amr dan 'Ashim. Sedang yang lainnya dengan huruf Ya' di Dlomah dan huruf Ghain di fathah (mabni maf'ul).

7. Sanad dari Az Zuhri, dari Anas RA, bahwasannya Nabi SAW membaca ;
و كتبنا عليهم
فيها أن النفس بالنفس و العين بالعي
(surah Al Ma'idah) dengan dibaca Rafa' (pada huruf Nun-nya العين yang pertama). Ini adalah qira'ahnya Al Kitsa'i, sedang yang lainnya membaca Nashab.

8. Dengan sanad dari Humaid bin Qais Al A'raj, dari Mujahid, dari Ibnu 'Abbas, dari Ubay bin Ka'b, bahwasannya Nabi SAW membacakan kepada Ubay bin Ka'b

" و ليقولوا درست " (surah Al An'am) dengan huruf Sin dibaca sukun dan huruf Ta' dibaca fathah. Ini adalah qira'ahnya Nafi', Hamzah, Al Kisa'i dan 'Ashim. Ibnu Katsir dan Abu 'Amr membaca " دارست " dengan tambahan huruf Alif setelah huruf Dal, huruf Sin di sukun dan huruf Ta' di fathah. Sedang Ibnu 'Amir membaca tanpa huruf Alif, huruf Sin di fathah dan huruf Ta' di sukun.

9. Dari Abdurrahma bin Ghanm Al Asy'ari, dari Mu'adz, bahwasannya Nabi SAW membacakan kepada Mu'adz " هل تستطيع ربك " (surah Al Ma'idah) dengan huruf Ta' (dan Nashab-nya lafadh ربك‎ , jadi maf'ul). Ini adalah qira'ahnya Al Kitsa'i, sedang yang lainnya dengan huruf Ya' ( يستطيع ) dan lafadh ربك dibaca Rafa'.

10. Dari 'Abdullah bin Thawus, dari ayahnya Abdullah, dari Ibnu 'Abbas; bahwasannya Nabi SAW membacakan kepada Ibnu 'Abbas : لقد جاءكم رسول من أنفسكم dengan fathah-nya huruf Fa'.
Sebagaimana dalam Rauh Al Ma'ani, ini adalah qira'ahnya Ibnu 'Abbas dan Ibnu Mahishin dan Az Zuhri. Itu adalah Af'al Tafdlil dari lafadh An Nafasah. Sedangkan Qurra' As Sab'ah membaca dengan Dlommah-nya huruf Fa', jama' dari lafadh نفس .

11. Dari Abi Ishaq As Sabi'i, dari Sa'id bin Jubair, dari Ibnu 'Abbas : bahwasannya Nabi SAW membaca : و كان أمامهم ملك يأخذ كل سفينة صالحة غصبا . (surah Al Kahfi) . Ini adalah qira'ahnya Ibnu 'Abbas dan Ibnu Jubair, dan ini adalah qira'ah yang Syadz. Sedangkan Qurra' As Sab'ah membaca dengan kalimat وراءهم‎ dan tanpa kalimat صالحة

12. Dari Al Hakam bin 'Abdul Malik, dari Qatadah, dari Al Hasan, dari Imran bin Al Hashin: bahwasannya Nabi SAW membaca : وترى الناس سكرى و ما هم بسكرى . ( surah Al Hajj ).
(kedua lafadh سكرى dibaca dengan huruf Sin di fathah, Kaf di Sukun, Ra' di fathah), Ini adalah qira'ahnya dua bersaudara, yaitu Hamzah dan Al Kisa'i. Sedang yang lainnya membaca dengan Sin di Dlommah, Kaf di fathah dengan huruf Alif setelahnya kaf, mengikuti wazan فعالى pada kedua lafadh tersebut.

13. Dari Ammar bin Muhammad, dari Al A'mas, dari Abi Shalih, dari Abi Hurairah, sesungguhnya Nabi membaca : فلا تعلم نفس ‏ما أخفى لهم من قرات أعين . (surah As Sajdah).( قرات أعين : ‎‎dibaca dengan shighat jama‎'‎ pada kedua lafadh tersebut) .Sebagaimana dalam Rauhul Ma'ani, ini adalah qira'ahnya 'Abdullah, Abu Darda', Abu Hurairah, 'Aun dan Al 'Uqaili. Sedangkan Qurra' Sab'ah membaca " قرة أعين " dengan shighat Mufrad.
Dan Nabi membaca " و اتبعتهم ذريتهم ". (surah Ath Thur). واتبعتهم dengan Ta' Ta'nits, dan ذريتهم dibaca Rafa'. Ini adalah qira'ahnya As Sab'ah selain Abu 'Amr. Sedangkan Abu 'Amr membaca " و أتبعناهم ذرياتهم " , dengan Hamzah Qatha' yang dibaca fathah, huruf Ta' dan 'Ain dibaca sukun, Nun di fathah dengan huruf Alif setelahnya. Ini adalah qira'ah kedua yang disebutkan dalam kitab An Nuqayah.

14. Dari Al Jahdari, dari Abu Bakar, bahwa Nabi SAW membaca
" متكئين على رفارفا خضر و عباقري حسان ".
Ini (sebagaimana yang dikatakan oleh Al Alusi) adalah qira'ahnya 'Utsman bin 'Affan RA, Nashr bin Al Jahdari, Malik bin Dinar, Ibnu Mahishin, Zuhair Al Furqubi dan yang lainnya. " رفارف " dengan shighat jama' ghairu munsharif, dan " و عباقري " huruf Qaf di Kasrah dan Ya' ber-Tasydid dan di baca fathah. Sedangkan Qurra' Sab'ah membaca dengan shighat mufrad pada kedua lafadh tersebut ( رفرف dan عبقري ).



Wallahu A'lam.....


Sumber : فيض الخبير و خلاصة التقرير
karya : As Sayyid 'Alawi ibn As Sayyid 'Abbas Al Maliki Al Makki

ربنا لا تؤاخذنا إن نسينا أو اخطأنا

0 komentar:

Artikel Terkait

Tulisan Terbaru

Pengikut

Powered by FeedBurner

Add to Google Reader or Homepage

  © UntukNaily2 | Template by Ourblogtemplates.com | edited by UntukNaily2

Back to TOP